Payment ConfirmationShopping Bag ITEMS |

News

Submersible Pump-Pompa Celup-Pompa Satelit

Submersible Pump-Pompa Celup-Pompa Satelit

Submersible pump adalah pompa yang cara pengoperasiannya dengan di benamkan ke dalam air. Karena cara pengoperasiannya di dalam air maka pompa jenis ini juga mendapat sebutan pompa benam atau pompa celup ada juga yang menyebut pompa satelit.

Submersible pump adalah pompa sentrifugal yang di gerakkan oleh motor listrik yang di desain khusus agar dapat beroperasi di dalam fluida / Cairan. Cara kerja submersible pump atau pompa celup berbeda dengan pompa yang ada pada umumnya, pompa biasa, semi jet pump atau jet pump. Jika pompa-pompa tersebut cara kerjanya adalah menghisap dan mendorong air maka submersible pump hanya mendorong air ke permukaan.

Submersible pump atau pompa benam tidak dapat bekerja secara terus menerus tanpa ada cairan yang melindunginya. Oleh sebab itu penempatan pompa ini harus di dalam air dengan ketinggian minimal sama dengan tinggi pompa tersebut. Fungsi air tidak hanya sebagai cairan yang akan di distribusikan tetapi juga sebagai pendingin dari pompa itu sendiri.

Penggunaan submersible pump tidak hanya sebatas air bersih tetapi juga dapat beroperasi dalam cairan pekat seperti lumpur atau minyak.Type pompa benam ini pun juga bermacam-macam, tapi dalam artikel kali ini yang akan kita bahas hanya type Pompa celup untuk sumur dalam atau Deepwell untuk jenis cairan air bersih. sering juga ada yang menyebut pompa pompa satelit (Pompa berbentuk silinder seperti pipa biasanya untuk pompa air sumur dalam/deepwell).Pompa ini mempunyai banyak jumlah Impeller tergantung Head atau daya dorong pompa dan juga kapasitas air yang akan dipindahkan oleh pompa,ada yang hanya mempunyai 3 impeller adapula yang lebih dari 50 impeller.

Submersible pump biasanya sudah di lengkapi dengan thermostats sebagai pengatur suhu pompa. Jika pompa terlalu panas maka thermostats akan memutus jala-jala listrik yang masuk ke kumparan motor.

Submersible pump juga memiliki varian berdasarkan phasa yang di gunakan. Untuk pompa-pompa kecil biasanya menggunakan 1 phasa tetapi untuk pompa-pompa besar dengan gaya dorong kuat semacam deepwell pump rata-rata menggunakan listrik 3 phasa.

Keuntungan menggunakan submersible pump:

- Daya Dorong Lebih kuat
- Minim perawatan
- Tidak berisik seperti jet pump atau pompa biasa
- Tidak terjadi over heat karena di lengkapi thermostats dan pendingin alami.
- Mudah dalam pemasangan
- Aman dari bahaya kebocoran listrik
Dll

Submersible pump sangat cocok di gunakan pada sumur-sumur dalam, dengan kedalaman lebih dari 40 meter.
Yang perlu dan sangat di perhatikan adalah sistem isolasi kabel listriknya. Harus di cek dengan teliti sebelum pompa di celupkan ke dalam air. Mengingat air termasuk juga penghantar listrik, jadi jangan heran kalau air yang keluar dari selang bagian ujung berubah menjadi kabel listrik alias nyetrum.
Itulah bahayanya jika isolasi pompa bocor.Pastikan teliti dulu saat penyambungan kabel agar tidak terjadi kebocoran listrik.

Latest News

Jenisjenis ImpellerJenis-jenis Impeller
Impeller adalah komponen yang berputar dari pompa sentrifugal yang berfungsi untuk mentransfer energi dari motor dengan mempercepat cairan keluar dar pusat rotasi. Impeller biasanya berbentuk silinder pendek dengan inlet terbuka untuk menerima cairan yang masuk, dan baling-baling untuk mendorong cairan secara radial. Impeller terbuat dari material logam cor melalui proses pengecoran logam,ada juga impeller yang terbuat dari bahan plastik.
Kenapa Motor Pompa Air Cepat Panas
Gulungan Dinamo yang mulai rusak akan membuat mesin air tersebut cepat panas, karena rpm atau kecepatan putaran pompa air tentunya akan menurun. Ini bisa di sebabkan karena pompa air terletak dalam ruang yang lembab, sehingga membuat bagian metal besi rangkaian dinamo atau juga bagian Rotor dinamo berkarat. Sehingga Medan magnet yang si hasilkan menurun, jika hal ini terjadi maka lakukan perbaikan dengan membuka bagian gulungan serta membersihkan nya.
Fungsi Overheat Protector
Di dalam pompa air kita sering menjumpai benda kecil yang menempel pada dinamo pompa air sebenarnya apa sih kegunaannya? Dan apa yang terjadi kalau
Thermal Protector ini tidak digunakan/dipasang?