Payment ConfirmationShopping Bag ITEMS |

News

Mengetes Motor Listrik Yang Baik

Mengetes Motor Listrik Yang Baik

Pengertian singkat Motor listrik

Sebelum memeriksa motor listrik, tentunya sobat harus tahu dulu apa sih motor listrik itu!
Motor listrik adalah jenis mesin listrik dinamis yaitu mesin listrik yang bekerja dengan gerakan, sama seperti Generator. Mesin listrik statis adalah transformator. Motor listrik adalah pengubah energi listrik menjadi energi mekanik yaitu putaran.

Motor listrik banyak sekali dijumpai dikeseharian kita. Lalu apa sajakah benda listrik yang menggunakan motor listrik? Diantara dan yang paling sering kita temui yaitu pompa air, kipas angin, mesin cuci, blender, mixer, bor, gurinda dan lain sebagainya adalah jenis motor listrik.
Agar lebih memudahkan dalam pemeriksaan dan mengecek bagus tidaknya sebuah motor listrik misalnya pompa air, tentu sobat harus mengetahui seperti apakah motor listrik yang bagus dan layak pakai itu.

Berikut persyaratan motor listrik yang bisa dikatakan bagus, baik, Normal dan layak pakai

Memiliki body yang temperaturnya tidak cepat panas

Ini adalah sarat paling penting dan paling mudah diperiksa oleh saudara karena tidak perlu menggunakan alat ukur khusus dalam pemeriksaannya, cukup meraba dan rasakan temperaturnya. Namun, sebelum pemeriksaan dilakukan, saya sarankan cek menggunakan tespen body tersebut karena dikhawatirkan ada kebocoran arus dan menyebabkan kecelakaan kerja. Apalagi benda listrik yang memiliki body logam seperti pompa air.
Kenapa bisa, suhu mempengaruhi kualitas?

Ini yang penting sobat ketahui,

Perlu diketahui dan diterapkan pada penggunaan dan pemilihan barang elektronik khususnya yang memiliki dinamo didalamnya, bahwa bila suatu benda tersebut cepat panas maka akan cepat juga melelehkan komponen didalamnya dan akan cepat mengalami kerusakan, sehigga meyebabkan sobat cepat menggantinya.

Lalu apa sih faktor penyebab panas pada motor listrik?

Salah satunya telah saya jelaskan diatas bahwa dengan kualitas yang jelek. Kualitas yang jelek ditandai dengan ukuran keren (inti besi tempat menggulungnya kumparan) suatu motor listrik yang tipis, bisa dicontohkan pada kipas angin.

Selain itu, jenis kumparan juga sangat mempengaruhi temperatur pada sebuah motor listrik. Usahakan bila ingin membeli barang elektronik yang berkumparan, bandingkan terlebih dahulu berat barang berkualias dan barang yang akan dibeli. Biasanya, bila suatu barang memiliki berat lebih ringan, maka benda tersebut bisa diprediksikan memiliki mesin yang jelek, keren yang tipis dan kumparan menggunakan alumunium, dimana alumunium lebih mudah panas dan mudah putus dan jelas memiliki massa yang sangat ringan dibanding yang berkualitas.
Persyaratan yang harus dipenuhi oleh motor listrik yang baik Selanjutnya adalah

Memiliki Putaran yang stabil

Maksud dari putaran yang stabil adalah putaran yang sesuai dengan kapasitas kegunaan barang elektronik tersebut, tidak boleh terlalu kencang, apalagi terlalu pelan

Misalnya dalam pompa air, putaran motor listrik (dinamo) harus mampu menghisap air atau sederhananya harus mampu menghisap tangan jika mencoba memeriksa kekuatan hisapan pompa air.

Jika dirasa putarannya kurang kencang, sudah dipastikan motor listrik tersebut dalam keadaan tidak baik dan tidak akan tahan lama bahkan parahnya tidak bisa digunakan

Sementara untuk contoh kedua itu terjadi pada Gurinda tangan yang bermode motor universal, yaitu motor yang pada bagian rotornya juga memiliki lilitan (Kumparan) berputar terlalu cepat sehingga timbul bunga api pada bagian lamel komutator membuat motor tersebut cepat panas dan memakan eergi listrik yang lebih banyak dari kapasitas yang seharusnya

Catatan
Motor listrik yang berputar tidak stabil biasa ditemukan bila sobat hendak membeli motor listrik yang bekas dari seseorang yang tidak jelas. (bukan ditoko elektronik atau di tempat service elektronik)

Tidak berisik
Faktor berisik tidaknya suara pada motor listrik itu disebabkan oleh pergerakan pada Poros motor listrik yang bersentuhan langsung dengan body motor listrik dimana tempat tersebut adalah tempat dimana proses terjadinya gesekan antara poros motor listrik (dinamo) pada body motor

Gesekan tersebut biasanya terjadi pada bagian penghubung antara poros dan body yaitu bearing atau bos

Kenapa faktor suara dapat mempengaruhi kualitas?

Suara yang terlalu berisik biasanya disebabkan oleh pergesekan yang tidak sesuai, yaitu sudah aus atau terlalu menekan, sehingga menyebabkan perputaran poros tidak stabil dan kembali meyebabkan motor listrik mudah panas

Maka motor listrik yang baik akan mengeluarkan suara yang halus

Cara memeriksa baik tidaknya motor listrik dengan menggunakan ampere meter

Selain menggunakan ampere meter, sobat juga bisa menggunakan tang ampere yang difungsikan untuk mengukur arus lebih efektif dan mudah

Rangkaian seri salah satu kabel dari motor listrik yang akan diukur, kemudian hidupkan motor listrik tersebut, bila mana terdapat angka yang sesuai dengan angka nominal ampere pada bagan yang tertera pada motor listrik itu, maka dipastikan masih baik dan normal.

Namun, jika sudah melebihi angka nominal, maka kumparan pada motor sudah tidak normal, tergores, terbakar dan lain sebagainya dan tentu hal tersebut akan membuat motor cepat rusak, selain dari pada itu, penggunaan energi listrik juga akan menjadi semakin tinggi.

Jadi, pada intinya, setiap motor listrik yang baik adalaha apabila diukur oleh alat pengukur maka angka yang dihasilkan akan sesuai dari pada bagan (catatan) pada motor listrik tersebut. Kita bisa ambil contoh kedua memeriksa putaran motor.

Untuk memeriksa sebuah motor listrik 1 fasa maupun 3 fasa, hal yang paling penting dan yang paling mudah dilakukan adalah memeriksa temperatur dari motor listrik tersbut. Karena temperatur pada motor listriklah yang menjadi patokan utama bagus atau tidaknya sebuah motor listrik
Untuk penggunaan alat ukur, dilakukan bila ingin bukti pasti dan terbukti secara ilmiah untuk menunjukan kondisi dari motor listrik yang diukur.

Latest News

Jenisjenis ImpellerJenis-jenis Impeller
Impeller adalah komponen yang berputar dari pompa sentrifugal yang berfungsi untuk mentransfer energi dari motor dengan mempercepat cairan keluar dar pusat rotasi. Impeller biasanya berbentuk silinder pendek dengan inlet terbuka untuk menerima cairan yang masuk, dan baling-baling untuk mendorong cairan secara radial. Impeller terbuat dari material logam cor melalui proses pengecoran logam,ada juga impeller yang terbuat dari bahan plastik.
Kenapa Motor Pompa Air Cepat Panas
Gulungan Dinamo yang mulai rusak akan membuat mesin air tersebut cepat panas, karena rpm atau kecepatan putaran pompa air tentunya akan menurun. Ini bisa di sebabkan karena pompa air terletak dalam ruang yang lembab, sehingga membuat bagian metal besi rangkaian dinamo atau juga bagian Rotor dinamo berkarat. Sehingga Medan magnet yang si hasilkan menurun, jika hal ini terjadi maka lakukan perbaikan dengan membuka bagian gulungan serta membersihkan nya.
Fungsi Overheat Protector
Di dalam pompa air kita sering menjumpai benda kecil yang menempel pada dinamo pompa air sebenarnya apa sih kegunaannya? Dan apa yang terjadi kalau
Thermal Protector ini tidak digunakan/dipasang?