Payment ConfirmationShopping Bag ITEMS |

News

Mengatasi Pompa Masuk Angin

Mengatasi Pompa Masuk Angin

Mengatasi Pompa Masuk Angin
Mengatasi persoalan mesin pompa air masuk angin harus mengetahui terlebih dahulu tanda tandanya agar tidak terjadi salah penanganan. Pada dasarnya banyak sekali masalah yang menyebabkan pompa tidak bisa menghisap dan salah satunya adalah lost suction ini.
Kenapa lebih populer dengan istilah masuk angin, karena memang permasalahan yang satu ini disebabkan oleh angin yang terselip di dalam pipa hisap sehingga pompa tidak memiliki daya hisap akibat hilangnya kevakuman.
Untuk memastikan bahwa mesin anda sedang mengalami kehilangan daya hisap, biasanya pompa akan tetap berbunyi normal namun tidak ada sama sekali tanda tanda air akan keluar.
Berikut adalah beberapa analisa yang dapat anda lakukan untuk menyelesaikan persoalan ini dengan tahap yang benar.
Pemasangan Pipa Hisap
Pastikan terlebih dahulu bahwa pipa hisap berada pada posisi yang benar yaitu tidak terpasang dengan tinggi yang melebihi kedudukan inlet mesin pompa ataupun terdapat banyak lekukan ke atas.
Dengan ini adalah mutlak bahwa memasang pipa hisap harus lebih rendah dari posisi mesin pompa di letakkan. Ini bertujuan agar tidak ada angin yang tertinggal di dalam pipa sehingga membentuk ruang kosong yang memicu hilangnya daya vakum.
Solusi dan Penanganan Paling Tepat
Sebelum bertindak yang dapat berakibat lebih fatal, ada baiknya anda mencoba tips berikut ini yang akan dapat memberikan kepastian bahwa pompa air anda benar benar sedang mengalami masuk angin.
Coba anda lepas pipa hisap sampai benar benar bebas dari mesin pompa sehingga anda dapat mengangkat dan menurunkan dengan leluasa. Selanjutnya perhatikan isi air yang terdapat di dalam pipa apakah tampak ada gelembung yang selalu muncul.
Untuk menghilangkan angin yang terselip di dalam pipa, bisa dilakukan gerakan naik turun secara cepat sampai air dapat terangkat dan keluar dengan penuh. Kemudian pasang kembali pada mesin pompa.Jjika memang permasalahannya masuk angin, tentunya sudah pasti akan teratasi dengan metode ini.
Namun apabila pompa tetap tidak kuat menghisap air meskipun mesin dapat hidup dengan normal, maka persoalan ini bukan disebabkan oleh masuk angin dan perlu dilakukan pemeriksaan selanjutnya.

Latest News

Jenisjenis ImpellerJenis-jenis Impeller
Impeller adalah komponen yang berputar dari pompa sentrifugal yang berfungsi untuk mentransfer energi dari motor dengan mempercepat cairan keluar dar pusat rotasi. Impeller biasanya berbentuk silinder pendek dengan inlet terbuka untuk menerima cairan yang masuk, dan baling-baling untuk mendorong cairan secara radial. Impeller terbuat dari material logam cor melalui proses pengecoran logam,ada juga impeller yang terbuat dari bahan plastik.
Kenapa Motor Pompa Air Cepat Panas
Gulungan Dinamo yang mulai rusak akan membuat mesin air tersebut cepat panas, karena rpm atau kecepatan putaran pompa air tentunya akan menurun. Ini bisa di sebabkan karena pompa air terletak dalam ruang yang lembab, sehingga membuat bagian metal besi rangkaian dinamo atau juga bagian Rotor dinamo berkarat. Sehingga Medan magnet yang si hasilkan menurun, jika hal ini terjadi maka lakukan perbaikan dengan membuka bagian gulungan serta membersihkan nya.
Fungsi Overheat Protector
Di dalam pompa air kita sering menjumpai benda kecil yang menempel pada dinamo pompa air sebenarnya apa sih kegunaannya? Dan apa yang terjadi kalau
Thermal Protector ini tidak digunakan/dipasang?