Payment ConfirmationShopping Bag ITEMS |

News

Istilah Pada Pompa Air

Istilah Pada Pompa Air

Pompa adalah suatu alat yang berfungsi untuk memindahkan fluida seperti air, gas, atau lumpur. Setiap sistem pompa selalu terdiri atas pompa, pipa, dan valve. Namun juga dapat ditambahkan alat lain seperti strainer, pressure gauge, flow meter, dan sensor temperatur.
Dan berikut akan saya bahas beberapa istilah penting dalam dunia pompa:
1. Head
Adalah suatu besaran spesifik dari tekanan air di atas titik referensi tertentu (datum) yang ditunjukkan berupa ketinggian permukaan air (dalam satuan panjang). Mungkin membingungkan apabila dalam mempelajari pompa kita hanya fokus pada satu istilah ini, karena akan lebih mudah apabila kita lihat pengertian dari istilah head yang lain.
2. Static Suction Head
Adalah ketinggian vertikal dari liquid yang turun karena gravitasi menuju inlet pompa.
3. Static Discharge Head
Adalah ketinggian vertikal dari titik pusat pompa ke titik tujuan yang tertinggi.
4. Static Suction Lift
Adalah ketinggian vertikal dari permukaan air yang harus dipompa ke atas oleh pompa terhadap pusat pompa.
5. Total Static Head
Adalah ketinggian vertikal total dari permukaan air inlet terhadap permukaan air outlet pompa.
6. Net Positive Suction Head
Pengertian sederhana dari Net Positive Suction Head (NPSH) adalah besar total dari suction head untuk mencegah timbulnya vapourasi di titik tekanan terendah pada pompa.
7. Kavitasi
Fenomena kavitasi pada pompa erat hubungannya dengan NPSH. Kavitasi adalah sebuah kondisi dimana terbentuknya rongga kosong (gelembung) pada fluida yang dipompa di titik tekanan terendah pada pompa. Kavitasi ini sangat dihindari terjadi pada pompa yang sedang beroperasi, karena sifatnya yang dapat merusak komponen-komponen pompa.

Latest News

Jenisjenis ImpellerJenis-jenis Impeller
Impeller adalah komponen yang berputar dari pompa sentrifugal yang berfungsi untuk mentransfer energi dari motor dengan mempercepat cairan keluar dar pusat rotasi. Impeller biasanya berbentuk silinder pendek dengan inlet terbuka untuk menerima cairan yang masuk, dan baling-baling untuk mendorong cairan secara radial. Impeller terbuat dari material logam cor melalui proses pengecoran logam,ada juga impeller yang terbuat dari bahan plastik.
Kenapa Motor Pompa Air Cepat Panas
Gulungan Dinamo yang mulai rusak akan membuat mesin air tersebut cepat panas, karena rpm atau kecepatan putaran pompa air tentunya akan menurun. Ini bisa di sebabkan karena pompa air terletak dalam ruang yang lembab, sehingga membuat bagian metal besi rangkaian dinamo atau juga bagian Rotor dinamo berkarat. Sehingga Medan magnet yang si hasilkan menurun, jika hal ini terjadi maka lakukan perbaikan dengan membuka bagian gulungan serta membersihkan nya.
Fungsi Overheat Protector
Di dalam pompa air kita sering menjumpai benda kecil yang menempel pada dinamo pompa air sebenarnya apa sih kegunaannya? Dan apa yang terjadi kalau
Thermal Protector ini tidak digunakan/dipasang?