Payment ConfirmationShopping Bag ITEMS |

News

Foot Valve

Foot Valve

Mengetahui fungsi penting foot valve atau tusen klep yang ada pada pipa hisap mesin pompa air tentunya tidak akan melewatkan komponen yang satu ini pada setiap instalasi jetpump, sumur dangkal atau semi jetpump.
Berbeda dengan jenis pompa celup atau submersible yang mana tidak memerlukan foot valve karena bukan merupakan pompa permukaan, dan tidak bekerja menghisap melainkan mendorong air.
Sebagaimana sebuah klep atau katup, fungsi teknisnya adalah membuka dan menutup menyesuaikan dengan kinerja yang diperlukan.
Pada pipa hisap sebuah mesin pompa air, tusen klep berfungsi sebagai penahan aliran air yang telah berada pada pipa agar tidak kembali turun ke bawah.
Sedangkan ketika mesin pompa bekerja menghisap air, maka klep akan terbawa aliran sehingga dapat terbuka dan bertumpu pada dudukannya sampai mesin berhenti menghisap kemudian klep menutup kembali dengan sempurna.
Kebocoran pada tusen klep dapat mengakibatkan ruang impeller menjadi kosong dan memerlukan upaya pengisian secara manual (dipancing) agar lebih cepat mencapai titik vakum didalam ruang pipa hisapnya.
Untuk jenis pompa yang masih mengandalkan pressure switch sebagai kontrol on off nya, maka adanya kebocoran pada komponen foot valve bisa memicu otomatis pompa sering berbunyi akibat tekanan yang tidak bisa padat sepenuhnya.

Memilih tusen klep (foot valve) yang bagus
Tusen klep yang ada dipasaran saat ini tersedia dua jenis dilihat dari material yang digunakannya.
Berbahan kuningan dan plastic meskipun memiliki fungsi yang sama, tentunya akan berbeda untuk daya tahan serta presisinya yang mana tusen klep kuningan lebih di ajurkan untuk jenis pompa yang memiliki tekanan tinggi.

Latest News

Jenisjenis ImpellerJenis-jenis Impeller
Impeller adalah komponen yang berputar dari pompa sentrifugal yang berfungsi untuk mentransfer energi dari motor dengan mempercepat cairan keluar dar pusat rotasi. Impeller biasanya berbentuk silinder pendek dengan inlet terbuka untuk menerima cairan yang masuk, dan baling-baling untuk mendorong cairan secara radial. Impeller terbuat dari material logam cor melalui proses pengecoran logam,ada juga impeller yang terbuat dari bahan plastik.
Kenapa Motor Pompa Air Cepat Panas
Gulungan Dinamo yang mulai rusak akan membuat mesin air tersebut cepat panas, karena rpm atau kecepatan putaran pompa air tentunya akan menurun. Ini bisa di sebabkan karena pompa air terletak dalam ruang yang lembab, sehingga membuat bagian metal besi rangkaian dinamo atau juga bagian Rotor dinamo berkarat. Sehingga Medan magnet yang si hasilkan menurun, jika hal ini terjadi maka lakukan perbaikan dengan membuka bagian gulungan serta membersihkan nya.
Fungsi Overheat Protector
Di dalam pompa air kita sering menjumpai benda kecil yang menempel pada dinamo pompa air sebenarnya apa sih kegunaannya? Dan apa yang terjadi kalau
Thermal Protector ini tidak digunakan/dipasang?