Payment ConfirmationShopping Bag ITEMS |

News

Cara Kerja Floating switch atau Saklar Pelampung

Cara Kerja Floating switch atau Saklar Pelampung

Saklar pelampung atau float switch, adalah sebuah unit saklar diskret yang memiliki fungsi untuk mengontrol level permukaan cairan di sebuah wadah penampungan. Posisi level cairan dalam tangki digunakan untuk men-trigger perubahan kontak saklar. Posisi level switch ada yang horizontal dan ada yang vertikal.
Floating kontrol ini lebih cocok dipasang sebagai pengganti jenis otomatis model pressure switch yang cenderung kurang awet apabila dipasang untuk mesin pompa dengan daya dan tekanan besar. Selain itu juga sebagai pilihan lain dari jenis otomatis pelampung yang masih konvensional yang kurang kuat dengan daya listrik besar.
Cara kerja pelampung air otomatis
Penggunaan untuk posisi horizontal, ketika level permukaan air menurun, maka unit pelampung akan mengikuti sehingga merubah posisi kontak begitu pula sebaliknya.
Untuk penggunaan pada posisi vertikal di dalam pelampung terdapat magnet tetap, yang bergerak naik turun mengikuti tinggi permukaan cairan.
Di dalam pipa bagian tengah pelampung terdapat saklar yang membuka dan menutupnya dikerjakan oleh piston yang bergerak mengikuti magnet tetap di dalam pelampung.
Paling umum penggunaan unit otomatis pelampung air ini difungsikan sebagai kontrol menghidupkan mesin pompa ketika tangki, tandon, toren atau penampungan air lainnya dalam kondisi kosong kemudian mematikan unit mesin pompa ketika kapasitas air sudah penuh.
Selain itu, piranti ini juga dapat difungsikan sebagai safety kontrol yaitu pengaturan untuk menghidupkan mesin apabila terdapat sumber air dan mematikan mesin pompa ketika stok sumber air kosong agar unit mesin pompa aman dari resiko overheat karena kekurangan air.

Latest News

Jenisjenis ImpellerJenis-jenis Impeller
Impeller adalah komponen yang berputar dari pompa sentrifugal yang berfungsi untuk mentransfer energi dari motor dengan mempercepat cairan keluar dar pusat rotasi. Impeller biasanya berbentuk silinder pendek dengan inlet terbuka untuk menerima cairan yang masuk, dan baling-baling untuk mendorong cairan secara radial. Impeller terbuat dari material logam cor melalui proses pengecoran logam,ada juga impeller yang terbuat dari bahan plastik.
Kenapa Motor Pompa Air Cepat Panas
Gulungan Dinamo yang mulai rusak akan membuat mesin air tersebut cepat panas, karena rpm atau kecepatan putaran pompa air tentunya akan menurun. Ini bisa di sebabkan karena pompa air terletak dalam ruang yang lembab, sehingga membuat bagian metal besi rangkaian dinamo atau juga bagian Rotor dinamo berkarat. Sehingga Medan magnet yang si hasilkan menurun, jika hal ini terjadi maka lakukan perbaikan dengan membuka bagian gulungan serta membersihkan nya.
Fungsi Overheat Protector
Di dalam pompa air kita sering menjumpai benda kecil yang menempel pada dinamo pompa air sebenarnya apa sih kegunaannya? Dan apa yang terjadi kalau
Thermal Protector ini tidak digunakan/dipasang?