Payment ConfirmationShopping Bag ITEMS |

News

Apa itu Pressure Switch?

Apa itu Pressure Switch?

Pressure Switch adalah komponen yang banyak dibutuhkan pada berbagai aplikasi peralatan, antara lain adalah pada instalasi air bersih, instalasi pompa, kompresor angin, instalasi pneumatik.

Pressure Switch pada dasarnya adalah berfungsi untuk mempertahankan sebuah tekanan pada peralatan aplikasinya, hal ini berhubungan dengan sumber tekanan dan tekanan buang.

Saya ambil contoh sederhana pada sebuah pompa air dengan menggunakan pressure switch. Apa fungsi pressure switch pada instalasi pompa air tersebut?

Pressure Switch pada pompa air berfungsi untuk mendeteksi nilai / jumlah tekanan dari hasil pemompaan yang biasanya menggunakan header pressure sebagai media penampungannya yang terletak pada output pompa.

Bagaimana cara seting pressure switch?
Pertanyaan ini sering terlontar saat kita menemukan masalah pada kerusakaan pompa air atau aplikasi lain yang menggunakan pressure switch.

Pada pressure switch umumnya memiliki dua stik seting yang bisa dalam teknik disebut sebagai differensial atau perbedaa / selisih.

Stik pertama adalah untuk menetapkan perbedaan diferensial) antara ON dan OFF mengatur tekanan minimum.

Langkah pertama adalah memutar stik pertama (stik diferensial) untuk menentukan perbedaan tekanan ON dan OFF . Kemudian memutar stik kedua (biasanya stik lebih panjang).

Langkah selanjutnya adalah buang tekanan dari header / tangki untuk mengecek setingan tersebut sudah benar atau belum dengan melihat nilai tekanan yang tertera pada pressure gauge.

Stik pendek (stik pertama) bisa diatur posisi setingan tekanan minimal yang dibutuhkan. Setelah tekanan mencapai titik minimal yang sudah kita tentukan seharusnya pompa akan aktif otomatis , jika belum berarti setingan kita belum benar.

Setelan minimum telah kita lakukan selanjutnya adalah tekanan maksimum. Tekanan maksimum artinya pompa akan nonaktif bila tekanan menunjukkan pada angka maksimal yang telah kita tentukan pada seting pressure switch.

Range atau jangkauan pada parameter seting di stik pertama adalah jarak batas minimum dan maksimum tekanan. Dengan memperpanjang jarak tekanan pada settingan tersebut artinya lebih panjang tekanan antara cut off dan cut in (kapan pompa aktif dan tidak aktif).
Stik kedua berguna untuk menentukan titik maksimum tekanan, semakin kita setting tinggi maka pompa akan aktif sampai titik point seting tersebut.
Kesimpulannya bahwa:
1. Stik pendek atau stik pertama berguna untuk menentukan angka minimum, pompa akan aktif jika menyentuh titik terendah / minimum.
2. Stik kedua atau stik yang panjang untuk menentukan tekanan maksimum, pompa akan nonaktif jika tekanan mencapai titik point tersebut.
3. Setting tekanan sebaiknya dilakukan pada saat semua sistem kontrol berjalan atau semua aktif karena hal itu akan mempermudah dalam langkah penyetingan.

Latest News

Jenisjenis ImpellerJenis-jenis Impeller
Impeller adalah komponen yang berputar dari pompa sentrifugal yang berfungsi untuk mentransfer energi dari motor dengan mempercepat cairan keluar dar pusat rotasi. Impeller biasanya berbentuk silinder pendek dengan inlet terbuka untuk menerima cairan yang masuk, dan baling-baling untuk mendorong cairan secara radial. Impeller terbuat dari material logam cor melalui proses pengecoran logam,ada juga impeller yang terbuat dari bahan plastik.
Kenapa Motor Pompa Air Cepat Panas
Gulungan Dinamo yang mulai rusak akan membuat mesin air tersebut cepat panas, karena rpm atau kecepatan putaran pompa air tentunya akan menurun. Ini bisa di sebabkan karena pompa air terletak dalam ruang yang lembab, sehingga membuat bagian metal besi rangkaian dinamo atau juga bagian Rotor dinamo berkarat. Sehingga Medan magnet yang si hasilkan menurun, jika hal ini terjadi maka lakukan perbaikan dengan membuka bagian gulungan serta membersihkan nya.
Fungsi Overheat Protector
Di dalam pompa air kita sering menjumpai benda kecil yang menempel pada dinamo pompa air sebenarnya apa sih kegunaannya? Dan apa yang terjadi kalau
Thermal Protector ini tidak digunakan/dipasang?