Payment ConfirmationShopping Bag ITEMS |

News

Antara Tegangan Listrik 1Phase(220V) dan 3Phase(380V)

Antara Tegangan Listrik 1Phase(220V) dan 3Phase(380V)

Listrik 3 phase 382 volt jadi listrik 1 phase 220 volt - Bagaimana bisa listrik 3 phase jadi 1 phase? Kenapa listrik 3 phase itu 380 volt? pertanyaan2 seperti ini umum di temui oleh para pekerja listrik, sebagian pertanyaan berasal dari konsument yang ingin pintar dan sebagian lagi datang para electrical pemula yang sedang belajar listrik 3 phase. Nah kali ini saya akan membagikan sedikit ilmu listrik 3 phase dengan rumus perhitungan nya.

Bagaimana cara merubah listrik 3 phase ke 1 phase dan sebalik nya listrik 1 phase ke 3 phase? Untuk merubah listrik 1 phase ke 3 phase di butuhkan sebuah alat yang di sebut dengan inverter (Inverter 1 phase Ke 3 Phase) sedangkan untuk merubah listrik 3 phase ke 1 phase tidak di butuhkan inverter listrik atau alat apapun. Kenapa demikian? simak pembahasan tentang rumus-rumus listrik 3 phase berikut ini.

Dalam praktek pengerjaan listrik 3 phase ke 1 phase bisa anda pahami di artikel saya yang sebelum nya "Control Panel 3 Phase jadi 1 Phase", Namun untuk mengetahui secara persis rumus listrik 3 phase dan perhitungan nya anda harus sabar membaca artikel ini hingga selesai.

Tegangan listrik 3 phase umum-nya dinotasikan dengan kawat R - S - T, Jika dilakukan pengukuran antar pahse (phase to phase) dengan alat Volt meter maka besar tegangan dari phase R ke phase S atau R-T dan S-T akan menunjukkan angka 380 Volt. Akan tetapi jika salah satu phase saja yang dihubungkan dengan N (Netral) maka besar tegangan yang dihasilkan adalah 220 volt, baik itu phase R ke N (netral) atau S-N dan T-N.
Perhitungan Listrik 3 Phase Menjadi 1 Phase
Pada jaringan listrik 3 fase 380 V terdapat sudut phase antara R - S - T yaitu berselisih 120°. Jika digambarkan maka listrik 3 phase akan terlihat seperti gambar dibawah ini.
(Lihat Gb.1)

Sekarang coba kita ambil salah satu sudut saja dari ketiga sudut 120° sehingga menjadi seperti terlihat pada gambar di bawah ini.(Lihat Gb.2)

Kemudian kita gunakan aturan "rumus" segitiga, dimana jumlah sudut yang ada dalam segitiga adalah sebesar 180°, diperoleh sudut RTN dan TRN masing-masing sebesar (180°-120°) / 2 = 30°.(Lihat Gb.3)

Kemudian kita akan menggunakan aturan sinus, untuk membuktikan bahwa jika salah satu phase misal nya "T" dari RST listrik 3 phase dengan perhitungan sinus seperti terlihat di bawah ini:

380 V / sin 120° = TN / sin 30°
380 V sin 30° = TN sin 120°
190 V = 0,886 TN
TN = 190 V / 0,866
TN = 220 V

Nah, sekarang sudah jelas bukan bahwa teori listrik 3, jika salah satu phase saja yang dihubungkan ke titik netral "N" maka akan menghasilkan besar tegangan yaitu 220 volt. Begitulah kira-kira teori tegangan listrik 3 Fase 380 V bisa menjadi 1 fase 220 V. Perhitungan matematika yang ajaib bukan...!

Aku bingung nih Listrik 1 Phase 220 Volt, kenapa listrik 3 Phase jadi 380 Volt dan bukan 660 Volt?

Tegangan listrik 220 volt adalah tegangan antar phasa "L atau Api" dengan netral "N" yang umum disebut dengan listrik single phase. Sedangkan listrik 3 phase 380 volt merupakan tegangan listrik antar kawat phasa dengan kawat phasa. Sebagian orang mungkin berfikir bahwa listrik 3 phase adalah listrik 1 phase 220 volt di kali 3 = 660 volt. Tentu saja ini keliru dan yang lebih tepat adalah 380 volt merupakan akar 3 dari 220, Mari kita simak rekayasa matematika berikut ini.

Listrik 3 phase terdiri dari 4 kawat penghantar yaitu RST dan N (netral) Seperti terlihat dari gambar no.1 (gambar paling atas) masing-masing kabel R, S, T memiliki phase sinusodial gelombang listrik sebesar 120 derajat. Dengan demikian maka terdapat 3 vektor dalam listrik 3 phase, anggap saja seperti grafik xyz. Dimana resultan vektornya adalah sebagai berikut: kita gunakan rumus phytagoras

V^2 = x^2 + y^2 +z^2
Jika masing X,Y dan Z adalah 220 volt

Maka V = akar (3 x 220^2)
= 381 volt.

Bingung ya? ya sudah langsung ke praktek kerja nya saja, pokok nya kalo listrik 3 phase jika salah satu phase nya R atau S atau T terserah yang mana saja pokok nya salah satu kawat saja yang dihubungkan dengan N "Netral" maka besar tegangan nya adalah 220 volt (Menjadi listrik 1 phase)

(Dari Berbagai Sumber)

Latest News

Jenisjenis ImpellerJenis-jenis Impeller
Impeller adalah komponen yang berputar dari pompa sentrifugal yang berfungsi untuk mentransfer energi dari motor dengan mempercepat cairan keluar dar pusat rotasi. Impeller biasanya berbentuk silinder pendek dengan inlet terbuka untuk menerima cairan yang masuk, dan baling-baling untuk mendorong cairan secara radial. Impeller terbuat dari material logam cor melalui proses pengecoran logam,ada juga impeller yang terbuat dari bahan plastik.
Kenapa Motor Pompa Air Cepat Panas
Gulungan Dinamo yang mulai rusak akan membuat mesin air tersebut cepat panas, karena rpm atau kecepatan putaran pompa air tentunya akan menurun. Ini bisa di sebabkan karena pompa air terletak dalam ruang yang lembab, sehingga membuat bagian metal besi rangkaian dinamo atau juga bagian Rotor dinamo berkarat. Sehingga Medan magnet yang si hasilkan menurun, jika hal ini terjadi maka lakukan perbaikan dengan membuka bagian gulungan serta membersihkan nya.
Fungsi Overheat Protector
Di dalam pompa air kita sering menjumpai benda kecil yang menempel pada dinamo pompa air sebenarnya apa sih kegunaannya? Dan apa yang terjadi kalau
Thermal Protector ini tidak digunakan/dipasang?